Terjemah Kitab Matan Al-Ajurumiyyah
بسم الله الرحمن الرحيم
Segala puji milik Allah, yang telah menurunkan
al-Quran dalam bahasa Arab. Shalawat serta salam tetap tercurahlimpahkan atas
junjungan kita Nabi Besar Muhammad Saw., paling utamanya makhluk Allah yang
berbicara dan berbahasa. Juga atas keluarganya, para shahabatnya dan para
tabi’in, taabi’ut tabi’in sepanjang masa. Dan semoga Allah meninggikan derajat
kita semua bersama mereka di darul akhirah, yang penuh ketentraman tanpa
rasa keluh dan kesah. Aamiin.
أنواع الكلام
الكلام هو اللفظ المركب المفيد بالوضع .وأقسامه ثلاثة: اسم وفعل وحرف جاء لمعنى .فالاسم يعرف: بالخفض ,والتنوين ,ودخول الألف واللام, وحروف الخفض) وهي: من وإلى وعن وعلى وفي ورب والباء والكاف واللام(, وحروف القسم )وهي: الواو والباء والتاء .(والفعل يعرف: بقد والسين و سوف وتاء التأنيث الساكنة .والحرف: مالا يصلح معه دليل الاسم ولا دليل الفعل .
Macam-macam Kalam (Kalimat)
1. Isim (Kata Benda)
2. Fi’il (Kata Kerja)
3. Huruf
Huruf indikasinya adalah sesuatu yang tidak memenuhi ciri-ciri isim dan fi’il, atau bisa dikatakan tidak memiliki tanda.Catatan: Istilah-istilah yang perlu difahami dalam bab ini, yaitu:
1) Kalam (كلام) dalam bahasa Arab berarti sebuah kalimat (dalam bahasa Indonesianya). Sedangkan Kalimat (كلمة) dalam bahasa Arab berarti sebuah kata (dalam bahasa Indonesianya). Pengertian Kalimat (كلمة) adalah: setiap suara yang mengandung huruf hijaiyyah. Contoh: زَيْدٌ.
2) Fi’il adalah: kalimat yang menunjukkan arti dengan sendirinya yang disertai dengan salah satu zaman 3; yakni madhi (lampau), hal (sedang), dan istiqbal (yang akan datang).
3) Isim adalah: kalimat yang menunjukkan arti dengan sendirinya yang tidak disertai dengan zaman, contoh: زَيْدٌ, كِتَابٌ .
4) Huruf adalah: kalimat yang tidak bisa menunjukkan arti jika tidak disertai kalimat yang lain, contoh: هَلْ, فِيْ, لَمْ .
باب الإعراب
الإعراب هو تغيير أواخر الكلم لاختلاف العوامل الداخلة عليها لفظاً أو تقديراً .وأقسامه أربعة: رفع ونصب وخفض وجزم .فللأسماء من ذلك الرفع والنصب والخفض ولا جزم فيها .وللأفعال من ذلك الرفع والنصب والجزم ولا خفض فيها .
I’rab adalah perubahan akhir kalimat karena berbeda-bedanya amil yang masuk pada kalimat itu, dan perubahan itu ada yang jelas (lafdzan) dan yang dikira-kirakan (taqdiran). Pembagian i’rab ada 4: rafa’, nashab, khafadh (jar), dan jazm.
Setiap kalimat isim itu bisa dalam kondisi rafa’, nashab dan khafadh, tetapi tidak mungkin dalam kondisi jazm. Sedangkan setiap kalimat fi’il itu bisa dalam kondisi rafa’, nashab dan jazm, tetapi tidak mungkin dalam kondisi khafadh.
0 Comments
Posting Komentar